Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Resume(Analisis Pendapatan Nasional Untuk Ekonomi Tertutup Sederhana Dan Pertumbuhan Ekonomi

Perekonomian tertutup artinya tidak mengenal hubungan luar negri,artinya di Negara tersebut tidak ada exspor – impor. dan juga tidak ada keterlibatn dalam kegiatan perekonomian jadi,perekonpmian tertutup sederhana adalah perekinomian yang melibatkan deal antara pelaku rumah tangga dan perusahaan. perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang melibatkan deal pelaku, yaitu rumah tangga dan perusahaan (swasta).
Faktor-faktor penyebab inflasi maka ada tiga jenis inflasi yaitu:

1. Inflasi Tarikan Permintaan (Demand-Pull Inflation).
2. Inflasi Desakan Biaya (Cost-Push Inflation).
3. Inflasi karena Pengaruh Impor (Imported Inflation).


Model Analisis dengan Variable Investasi dan Tabungan

Model Analisis dengan variabel investasi tabungan adalah pengeluaran yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak lagi , atau dengan kata lain merupakan pengeluaran yang ditambahkan kepada komponen-komponen barang modal. Tujuan dari pelaksanaan model analisis dengan variabel investasi tabungan ini adalah mencari keuntungan di kemudian hari melalui pengoperasiaan mesin dan pabrik.

Konsumsi dan Tabungan
Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah pendapatan yang digunakan untuk menabung antara lain :
1. Besarnya pendapatan yang diterima oleh rumah tangga setelah dikuranngi pengeluaran untuk konsumsi
2. Tingkat bunga. Kenaikan tingkat bunga akan meningkatkan jumlah kecenderungan untuk menabung dan berinvestasi
3. Keinginan untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan terjadinya hal-hal tidak terduga dimasa depan.
Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran di Indonesia
Inflasi (inflation) adalah gejala yang menunjukkan kenaikan tingkat harga umum yang berlangsung terus menerus. Dari pengertian tersebut maka apabila terjadi kenaikan harga hanya bersifat sementara, maka kenaikan harga yang sementara sifatnya tersebut tidak dapat dikatakan inflasi
Didasarkan pada faktor-faktor penyebab inflasi maka ada tiga jenis inflasi yaitu :

• Inflasi Tarikan Permintaan (Demand-Pull Inflation)
Inflasi yang disebabkan karena adanya kenaikan permintaan agregat yang sangat besar dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.

• Inflasi Desakan Biaya (Cost-Push Inflation)
Inflasi yang terjadi sebagai akibat dari adanya kenaikan biaya produksi yang pesat dibandingkan dengan tingkat produktivitas dan efisiensi, sehingga perusahaan mengurangi supply barang dan jasa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume (Uang Dan Bank)

Uang yang beredar di masyarakat adalah uang kartal(adalah alat bayar yang sah dan wajib digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli sehari-hari.) dan uang giro(uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai kebutuhan.)
Factor – factor yang mempengaruhi permintaan uang diantaranya adalah motif transaksi, motif berjaga – jaga dan motif spekulasi
Uang adalah suatu alat atau benda dengan satuan hitung dan di gunakan sebagai alat pembayaran di wilayah masing – masing. Dan digunakan sesuai dengan peraturan perundang – undangan.
Ada beberapa cara untuk menciptakan uangdengan cara mencetakuang logam atau kertas, melalui kebijakan pemerintah dan melalui penggandaan uang dan pinjaman.
Pendapatan, tingkat suku bunga, selera masyarakat, fasilitas kredit, harga barang adalah factor – factor yang mempengaruhi jumlah penawaran uang yang beredar di masyarakat.
Nilai Uang Dilihat dari Bahan Pembuatannya
• Nilai Intrinsik
• Nilai Nominal
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang :
Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi jumlah penawaran uang atau jumlah uang yang beredar di masyarakat. Faktor-faktor tersebut adalah :
• Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh masyarakat pada jangka waktu tertentu.
• Tingkat suku bunga : Tingkat suku bunga dapat mempengaruhi jumlah uang beredar.
• Selera masyarakat dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar.
• Harga barang Pada saat harga barang naik
• Fasilitas kredit : Adanya fasilitas kredit dapat mempengaruhi jumlah uang yang beredar di pasar.
• Kekayaan masyarakat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

resume kelompok 4(strukture pasar)

Struktur pasar terdidi dari 2 yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya atau tidak terbatas.
Dan pasar persaingan sempurna memiliki cirri sebagai berikut :
Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
• Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
• Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
• Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
• Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
• Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).
Pasar persaingan sempurna terbagi menjadi 5 pasar di antaranya adalah :
1. Pasar Monopoli
2. Pasar Duopoli
3. Pasar Oligopoli
4. Monopolistik
5. Pasar Monopsoni

Struktur pasar adalah penggolongan produsen menjadi beberapa bentuk dasar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume kelompok 3 (produksi)

Produksi : Proses mempergunakan unsur-unsur produksi dengan maksud menciptakan faedah untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Produsen : organisasi/kelompok/orang yang menghasilkan suatu barang/jasa yang mempunyai nilai pakai dan nilai guna untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Apa yang dilakukan produsen apabila barang barangnya kurang diminati di pasaran?
Produsen akan melakukan diskon atau bonus seperti by 1 get 1 dan apa ga rugi kalu dengan cara seperti itu. Kalu di bilang rugi ya rugi tapi dari pada sama sekali tidak laku dan ruginya menjadi besar jadi untuk memperkecil kerugian yang di dapat tersebut produsen akan melakukan cara – cara tersebut.
Di Indonesia kan Negara yang masyarakatnya yang pengkonsumsi nasi terbesar apakah efektif yang di lakukan seperti di depok sehari tanpa nasi, bagaimana bisa atau tidaknya?efisienkah
Sepertinya tidak karena sudah dari zaman nenek moyang makan nasi sampai ada selogan kalu tidak makan nasi berarti belum makan.
Factor – factor produksi :
• Alam (tambang)
• Factor produksi bi=uatan artinya produk tersebut di buat oleh manusia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Teman – teman saya mau bebagi cerita
Saya mau berbagi cerita saya tentang pengalaman teman saya tentang cinta.
Teman saya ini memang dia berparas cantik, manis, rambutnya panjang, putih, tinggi, berpenampilan menarik dia juga pintar dalam segala hal sebut saja namanya Lisa . Hampir semua lelaki tertarik sama dia tetapi ada 1 lelaki yang sama sekali tidak tertarik sama dia. Dan lisa pun bingung apa yang membuat lelaki itu tidak suka sama dia. Dan dia pun cerita (curhat) kepada teman – temannya apa yang kurang dari saya apa ada yang salah sama saya sampai lelaki itu tidak suka sama saya. Oia ada yang ketinggalan lelaki yang saya ceritakan di sini dia juga anak yang pintar tinggi putih dan banyak perempuan yang suka sama dia sebut saja namanya Justin. Saya lanjut lagi cerita saya dan setelah lisa cerita sama teman – temannya. Teman – temannya menjawab tidak ada yang salah pada diri kamu dan tiba – tiba teman –temannya malah terpikirkan untuk manantang lisa untuk mendapatkan lelaki itu. Dan teman – temannya langsung berbicara kepada lisa. “ lisa kami semua ingin menantang kamu kalau kamu bisa mendapatkan atau menjadikan lelaki itu menjadi pacar kamu dalam waktu 1 bulan. Kalau kami kalah kami akan mentraktir kamu selama 1 minggu tapi kalau kamu yang kalah kamu yang mentraktir kami semua”.
Sejenak lisa diam sebentar untuk berfikir, kata lisa “ kalau saya tolak tantangan teman – teman saya pasti saya jd bahan ejekan kalau saya takut tidak berani menerima tantangan merekan (gengsi)”. Dan lisa pun langsung bilang kepada teman – temannya ia saya terima tantangan kalian semua saya akan menjadikan Justin sebagai pacar saya dalam waktu 1 bulan. Tetapi lisa terus berfikir bagaimana caranya mendapatkan Justin. Dan pendekatan demi pendekatan dilakukan sama Lisa sepertinya ada perubahan saya menjadi lebih dekan dengan Justin. Dan 3 minggu kemudian pun Justin mengajak Lisa pergi nonton dan d tempat nonton itu pun Justin menyatakan cintanya kepada Lisa. Dan pada saat Justin menyatakan cinta Lisa pun tanpa piker dulu dia langsung menjawab ia karena Lisa senang dia memenagkan tantangan teman – temannya . stelah 1 bulan Lisa baru bilang kepada teman – temannya kalu dia berhasil menjadikan Justin menjadi pacarnya bahkan dalm waktu kurang dari 1 bulan dan teman – temannya pun menepati janjinya karena mereka yang kalah tetapi Lisa dan teman – temannya tidak tahu kalau Justin sudah mendengarkan pembicaraan meraka dari awal dan akhirnya Lisa menyadari seperti ada orang lain yang mendengarkan dan pada saat Lisa menoleh dia melihat Justin yang sedang mendengarkan pembicaraan dengan raut wajah yang kesal. Lalu Justin langsung menghampiri lisa dan berkata “ jadi kamu tidak sungguh – sungguh mancintai saya kamu hanya mempermainkan saya dengan taruhan kamu dan teman – teman kamu itu aku kecewa sama kamu aku saying tulus sama kamu tapi kamu malah mempermainkan aku mulai hari ini kita putus kita tidak ada hubungan apa – apa lagi!!!!!!
Dan setelah beberapa minggu Lisa baru sadar kalau dia juga benar – benar saying sama Justin dia menyesal telah malakukan ini semua terhadap dia. Dan perasaan menyesal ini akan dia bawa terus seumur hidup rasa penyesalan yang sangat amat besar.

Dalam cerita ini saya hanya mau memberiahu jangan pernah mempermainkan perasaan seseorang atau membuat perasaan seseorang menjadi bahan taruhan. Karena akhirnya penyesalan selalu dating terlambat jadi jangan pernah mempermainkan hati seseorang. Karena hanya akan membuat sakit perasaan orang lain dan kita sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume Kelompok 1 (Permintaan Dan Penawaran)

Soal diskusi kemarin ada tentang kenaikan BBM yaitu katanya kenaika BBM bertentangan dengan hokum permintaan yang berisi “permintaan akan naik jika harga barang tersebut turun, dan sebaliknya jika harga barang tersebut naik maka permintaan akan turun” kenaikan BBM memang bertentangan terhadap hokum permintaan tapi kalau bicara tentang BBM itu sudah mnyangkut termasuk kebutuhan.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menaikan jumlah permintaan tapi tanpa harus mengubah harganya, adalah dengan meningkatkan mutu produk tersebut, tetapi ada kalanya konsumen mulai merasa bosan untuk menggunakan produk tersebut, dan untuk menyikapi agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk produknya jadi harus meningkatkan dan harus lebih mempunyai ide atau lebih memiliki inovasi lagi untuk membuat konsumen tidak bosan dengan produk produk yang di keluarkan dan juga harus meningkatkan mutu produk tersebut dan melakukan pelayanan yang baik agar konsumen tidak kecewa dan pindah ke produk lain.

Perilaku konsumen adalah suatu proses yang menyangkut dengan keinginan seseorang untuk memilih,membeli,mencari dan memnggunakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Menurut Gerald Zaltman dan Melanie Wallendrop menjelaskan bahwa prilaku konsumen adalah tindakan tindakan proses dan hubungan sosial yang dilakukan oleh individu,kelompok.dan organisasi dalam mendapatkan,menggunakan suatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamanya dengan produk,pelayanan dan sumber-sumber lainya.

Di dalam perilaku konsumen ada dua wujud :

• Personal consumer
• Organizational consumer


Menurut Handi Irawan konsumen di Indonesia di bagi dalam 10 katagori yaitu :

• Berfikir jangka pendek,ingin mendapatkan sesuatu dengan cepat atau yang disebut juga instan.
• Karena sering bersosialisasi sama teman ataupun rekan kerja.
• Tidak terencana,konsumen kita tidak teliti dalam membeli suatu produk.
• Gagap teknologi (gaptek),orang indonesia kebanyakan tidak mengusai teknologi terbaru dan cendrung menggunakan fitur-fitur yang umum digunakan.
• Orang Indonesia suka lebih bangga memakai produk luar negeri di bandingkan produk negerinya sendiri.
• Isu agama,di Indonesia sangat peduli terhadap isu agama. Inilah salah satu karakter khas konsumen Indonesia yang percaya pada ajaran agamanya.
• gengsi , orang Indonesia biasanya gengsi kalau tidak mempunyai barang yang lagi tren di masyarakat.
• budaya lokal meskipun orang Indonesia gengsi memakai produk sendriri akan tetapi unsur fanatisme kedaerahannya cukup tinggi.
• Kurang peduli pada lingkungan.

Adapun factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

1) Factor social

• Group
• Family influence
• Roles and status

2) Factor personal
• Economic situation
• Lifestyle
• Personality and self concept
• Occupation

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Resume Kelompok 2 (Prilaku Konsumen)

Permintaan itu adalah kesanggupan pembeli untuk membeli kebutuhan hidupnya baik dalam bentuk barang maupun jasa. Dan dalam kebutuhan sehari-hari tersebut harus terpenuhi baik itu dalam kebutuhan primer maupun skunder.

hukum permintaan menurut Alfred Marshall adalah jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang akan diminta adakn menurun atau berkurang. Dan sebaliknya jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah

contohnnya seperti yang dilakukan oleh supermarket – supermarket yang memasang iklan di tv yang memasang harga minyak turun yang tadinya Rp25000 menjadi Rp20000 pasti para ibu rumah tangga langsung ke supermarket tersebut dan pasti kalau sudah sampai yang tadi nya ingin membeli minyak saja jadi membeli yang lain.

Selain itu ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya:

• Pendapatan konsumen
Apabila pendapatan seseorang naik maka orang tersebut cendrung akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhanya,dan begitu pula sebaliknya.

• Selera konsumen.
Apabila selera konsumen naik maka permintaanpun akan bertambah.

• Jumlah penduduk
Jumlah penduduk yang semakin banyak maka akan menimbulkan permintaan yang lebih banyak.

Penawaran adalah keinginan penjual untuk dapat menjual barangnya dengan haraga yang lebih tinggi dalam priode tertentu.

Penawaran menurut Alfred Maeshall :
Jika suatu harga barang naik maka jumlah barang yang ditawatkan akan naik atau bertambah, sebaliknya jika suatu harga barang turun maka barang yang ditawarkan akan turun atau berkurang.


faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

• Biaya produksi
• Kemampuan perusahhan berproduksi
• Harapan perusahaan
• Ketersediaan sumber produksi
• Jumalah barang yang diminta oleh konsumen

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS