Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Resume Kelompok 1 (Permintaan Dan Penawaran)

Soal diskusi kemarin ada tentang kenaikan BBM yaitu katanya kenaika BBM bertentangan dengan hokum permintaan yang berisi “permintaan akan naik jika harga barang tersebut turun, dan sebaliknya jika harga barang tersebut naik maka permintaan akan turun” kenaikan BBM memang bertentangan terhadap hokum permintaan tapi kalau bicara tentang BBM itu sudah mnyangkut termasuk kebutuhan.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menaikan jumlah permintaan tapi tanpa harus mengubah harganya, adalah dengan meningkatkan mutu produk tersebut, tetapi ada kalanya konsumen mulai merasa bosan untuk menggunakan produk tersebut, dan untuk menyikapi agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk produknya jadi harus meningkatkan dan harus lebih mempunyai ide atau lebih memiliki inovasi lagi untuk membuat konsumen tidak bosan dengan produk produk yang di keluarkan dan juga harus meningkatkan mutu produk tersebut dan melakukan pelayanan yang baik agar konsumen tidak kecewa dan pindah ke produk lain.

Perilaku konsumen adalah suatu proses yang menyangkut dengan keinginan seseorang untuk memilih,membeli,mencari dan memnggunakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Menurut Gerald Zaltman dan Melanie Wallendrop menjelaskan bahwa prilaku konsumen adalah tindakan tindakan proses dan hubungan sosial yang dilakukan oleh individu,kelompok.dan organisasi dalam mendapatkan,menggunakan suatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamanya dengan produk,pelayanan dan sumber-sumber lainya.

Di dalam perilaku konsumen ada dua wujud :

• Personal consumer
• Organizational consumer


Menurut Handi Irawan konsumen di Indonesia di bagi dalam 10 katagori yaitu :

• Berfikir jangka pendek,ingin mendapatkan sesuatu dengan cepat atau yang disebut juga instan.
• Karena sering bersosialisasi sama teman ataupun rekan kerja.
• Tidak terencana,konsumen kita tidak teliti dalam membeli suatu produk.
• Gagap teknologi (gaptek),orang indonesia kebanyakan tidak mengusai teknologi terbaru dan cendrung menggunakan fitur-fitur yang umum digunakan.
• Orang Indonesia suka lebih bangga memakai produk luar negeri di bandingkan produk negerinya sendiri.
• Isu agama,di Indonesia sangat peduli terhadap isu agama. Inilah salah satu karakter khas konsumen Indonesia yang percaya pada ajaran agamanya.
• gengsi , orang Indonesia biasanya gengsi kalau tidak mempunyai barang yang lagi tren di masyarakat.
• budaya lokal meskipun orang Indonesia gengsi memakai produk sendriri akan tetapi unsur fanatisme kedaerahannya cukup tinggi.
• Kurang peduli pada lingkungan.

Adapun factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

1) Factor social

• Group
• Family influence
• Roles and status

2) Factor personal
• Economic situation
• Lifestyle
• Personality and self concept
• Occupation

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar