Grafik Komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian
dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar
(visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika
komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan
citra (image processing), dan (pattern recognition). Grafika komputer sering
dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang
kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan.
Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
Antarmuka pengguna (Graphical User Interface – GUI)
Peta (Cartography)
Kesehatan
Perancangan objek (Computer Aided Design – CAD)
Sistem multimedia
Presentasi grafik
Presentasi saintifik
Pemrosesan citra
Simulasi
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
•Pemodelangeometris: menciptakanmodel matematikadariobjek-objek2D
dan3D.
•Rendering:memproduksicitra yang lebih solid dari modelyang
telah dibentuk.
•Animasi:Menetapkan/menampilkankembalitingkahlaku/behavior
objek bergantung waktu.
Pemodelan Geometris
•Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke
suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
–Shape/bentuk
–Posisi
–Orientasi (cara
pandang)
–Surface Properties /
Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
–Volumetric Properties
/ Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
–Lights/cahaya
(tingkat terang, jenis warna)
•Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
–Jala-Jala segi
banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu
sama lain.
–Bentuk permukaan
bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
–CSG: membangun suatu
bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.
Pembentukan Citra oleh Sensor Mata
•Intensitas cahaya ditangkap oleh diagram iris dan diteruskan
ke bagian retina mata.
•Bayangan obyek pada retina mata dibentuk dengan mengikuti
konsep sistem optik dimana fokus lensa terletak antara retina dan lensa mata.
•Mata dan syaraf otak dapat menginterpretasi bayangan yang
merupakan obyek pada posisi terbalik.
Pengolahan citra
adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada
usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan
menggunakan teknik tertentu.
Definisi dan Tujuan
Pengolahan Citra
•Pengolahan Citra / Image Processing :
–Proses memperbaiki
kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer
–Teknik pengolahan
citra dengan mentrasfor-masikan citra menjadi citra lain, contoh : pemampatan
citra (image compression)
–Pengolahan citra
merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi.
•Pengenalan pola (pattern recognition) :
–Pengelompokkan data
numerik dan simbolik (termasuk citra) secara otomatis oleh komputer agar suatu
objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi.
–Pengenalan pola
adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra
Citra adalah gambar
dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi
gambar diskrit melalui proses sampling.
Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga
menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut
dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m
disebut dengan piksel [n,m]by Iwan Ramadhan STTBCI BAnda Aceh.
Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel
tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu. Pada proses sampling
biasanya dicari warna rata-rata dari gambar analog yang kemudian dibulatkan.
Proses sampling sering juga disebut proses digitisasi.
KuantitasAda kalanya, dalam proses sampling, warna rata-rata
yang didapat di relasikan ke level warna tertentu. Contohnya apabila dalam
citra hanya terdapat 16 tingkatan warna abu-abu, maka nilai rata-rata yang
didapat dari proses sampling harus diasosiasikan ke 16 tingkatan tersebut.
Proses mengasosiasikan warna rata-rata dengan tingkatan warna tertentu disebut
dengan kuantisasi.
Derau (Noise) adalah gambar atau piksel yang mengganggu
kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisis(optik) pada alat
akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai.
Contohnya adalah bintik hitam atau putih yang muncul secara acak yang tidak
diinginkan di dalam citra. bintik acak ini disebut dengan derau salt &
pepper. Banyak metode yang ada dalam pengolahan citra bertujuan untuk
mengurangi atau menghilangkan noise.
Citra medis (medical
image) memiliki kandungan informasi yang sangat penting. Hal tersebut
menjadikan citra kedokteran umumnya memiliki ukuran yang besar.Citra medis yang
berukuran besar menimbulkan masalah pada penyimpanan dan pengiriman citra
kedokteran, yaitu kebutuhan media penyimpanan data yang besar serta waktu
pengiriman yang lama. hal tersebut mengakibatkan munculnya kebutuhan akan
kompresi citra kedokteran tanpa mengurangi informasi yang tersimpan dalam citra
tersebut (lossless).
Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan
citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah
sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan
sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber
penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali.
Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini
berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah
sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk
diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak
tugas-tugas lainnya.
Aplikasi-aplikasi computer grafik :
Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.
Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer
Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.
Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.
Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.
Pengolahan Citra
Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.
Computer Vision
Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.
Graphical User Interface
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux.
Aplikasi-aplikasi computer grafik :
Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.
Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer
Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.
Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.
Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.
Pengolahan Citra
Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.
Computer Vision
Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.
Graphical User Interface
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux.
0 komentar:
Posting Komentar