Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas Bahasa Indonesia 2



DISUSUN OLEH:
-        Maulana Preestra C.E (14110272)
-        Rian Henry (15110861)
-        Aryanto (11110158)


A.      Kalimat efektif

-          Tere mengaku sering mendengar keponakannya menyanyikan lagu-lagu dewasa. (Sumber : tabloid Nyata : Saya miris melihat kondisi ini).
-          Bila mendapatkan anak, Tere yakin mengurus anak tidak akan mengganggu kesibukannya dalam berpolitik maupun berkarir. (Sumber : Tabloid Nyata : Saya miris melihat kondisi ini).
-          Kendati belum punya pengalaman religi berarti, bagi Tere islam sebagai agama yang telah memberikan pencerahan berarti dalam hidupnya. (Sumber : Tabloid Nyata : Ukur kadar keimanan).

Kesejajaran kata
-          Tere mengaku sering mendengar keponakannya nyayi lagu-lagu dewasa. (Sumber : tabloid Nyata : Saya miris melihat kondisi ini).
-          Bila dapat anak, Tere yakin mengurus anak tidak akan mengganggu kesibukannya dalam berpolitik maupun berkarir. (Sumber : Tabloid Nyata : Saya miris melihat kondisi ini).
-          Kendati belum punya pengalaman religi berarti, bagi Tere islam sebagai agama yang telah beri pencerahan berarti dalam hidupnya. (Sumber : Tabloid Nyata : Ukur kadar keimanan).

B.      Kalimat yang berupa keterangan tempat dan waktu

Keterangan tempat
-          Menandai hari bahagia itu,Indra mengajak Dilla makan malam di restoran di kawasan 9 Walk Bintaro, Tangerang.  (Sumber : Tabloid Nyata : “Soal anak Tuhan lebih tahu”).
-          Untuk mendapatkan kembali soul antar personil, akhirnya Ada band memutuskan untuk berlibur bersama ke villa milik marshal yang berada di bilangan puncak. (Sumber : Tabloid Nyata : “Rilis album bernuansa rockmantis”).
-          Kebahagiaan menyelimuti pasangan pesinetron Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Wahab, pasalnya pasangan tersebut telah di karuniai bayi perempuan yang lahir Kamis (13/10) di Rumah sakit Medical Centre Kemang, Jakarta. (Sumber : Tabloid Nyata : “Timang anak perempuan”).

Keterangan waktu
-          Pada selasa bulan november 2010 yang lalu, Pepeng, Charlie dan Rendy bertemu untuk membahas langkah pembuatan album baru. (Sumber : Tabloid Nyata : Ini yang terbaik, charlie dan pepeng tinggalkan ST12).
-          ST 12 dibentuk di bandung pada tahun 2005 silam. (Sumber : Tabloid Nyata: Berawal dari stasiun timur 12).
-          Tanggal 10 oktober lalu, pernikahan indra dan dilla genap satu tahun. (Sumber : Tabloid Nyata : “Soal anak Tuhan lebih tahu”)


C.      Kalimat peristiwa logis
Kalimat  penegasan dengan cara pengulangan
-          Orang tak lagi harus bekerja dari kantor, tapi bisa di rumah atau di mana saja. (Kompas.com 6 mei 2013)

D.      Pengulangan Subjek yang tidak diperlukan

-          Tetapi saya pria dewasa, ini bukan akhir takdir saya.( TopSkor,Senin 6 mei 2013).
-          Saya akan mempertimbangkannya  jika proposal itu memang sesuai dengan kondisi keuangan saya.( TopSkorSenin, 6 mei 2013).
-          Saya akan buktikan pada Sunderland, mereka salah memecat saya.( Top Skor,Senin 6 mei 2013).
E.       Kalimat variasi pembukaan

1.       Keterangan tempat
Di Pemprov DKI JakartaTaufik Yudi Mulyanto mengatakan, kelulusan siswa SD bukan hanya berdasarkan nilai ujian nasional, namun juga nilai ujian sekolah dan nilai rapor kelas 4, 5, 6. (Warta Kota Senin, 6 mei 2013)

2.       Keterangan waktu
Sebelum terjadi kericuhan sempat melihat kelompok orang berjumlah puluhan, sekitar pukul 03.30. (Warta Kota Senin, 6 mei 2013).
3.       Keterangan acara
Dari yang semula duduk di panggung kecil, Adhyaksa berdiri dan sedikit berjingkrak-jingkrak. (Warta Kota Senin , 6 mei 2013).
4.       Frase verbum
Wimbo menjelaskan bahwa PT KAI sedang berbenah memperbaiki fasilitas di stasiun- stasiun. (Warta Kota Senin , 6 mei 2013).
5.       Partikel penghubung
Namun, ketika masuk pada babak kedua, Messi langsung memberikan perubahan dan berhasil mencetak dua gol.(Kompas.com, 06 Mei 2013 | 03:58 WIB)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar